Monday 25 November 2013

China buat super computer tercepat di dunia

China kembali meluncurkan perangkat super computer canggih dengan nama China Tianhe 2.

Dikabarkan jika perangkat komputer tercepat di dunia ini berhasil mengalahkan performa kecepatan dari super computer saat ini yaitu Titan, milik Oak Ridge National Laboratory (ORNL).

Dilansir Softpedia (19/11), super computer China Tianhe 2 (TH-2 atau Skyriver) memiliki kecepatan hampir dua kali lipat dari Titan. Super computer ini memiliki clocking hingga 33,9 petaflops (quadrillion perhitungan detik).

http://teknologi-berkata.blogspot.com/

Super computer ini bertempat di Pusat Super Computer Nasional, di Guangzhou. Perangkat ini mengusung dua prosesor Intel Intel Ivy Bridge Xeon dan tiga chip Xeon Phi per komputer node, dengan total 16.000 node dan 3.120.000 Core.

Kecepatan dan spesifikasi yang luar biasa ini menempatkan Tianhe 2 di posisi pertama daftar TOP500, yang mana merupakan daftar jajaran komputer tercepat di dunia yang dirilis setiap enam bulan sekali. Kehadiran Tianhe 2 ini juga membuat China berhasil menduduki posisi pertama dalam TOP500 sebanyak dua kali, yang mana sebelumnya mereka menduduki posisi pertama ini pada tahun 2010, dengan super computer Tianhe generasi pertama.

Tianhe 2 ini juga menjadi pembuktian bagi China untuk mewujudkan komitmennya sebagai salah satu pemimpin di dunia komputasi saat ini. Para pejabat di negara tersebut mengatakan bahwa Tianhe 2 akan digunakan untuk tujuan keamanan. Namun masih belum diketahui detail dan fungsi apa saja yang bisa dimanfaatkan China dari super computer milik mereka ini.

Sumber : Merdeka.com

No comments:

Post a Comment