Monday 16 April 2012

5 Top Skor Liga Inggris Sepanjang Masa


Selama merumput di Liga Inggris, striker Carlos Tevez selalu membuat sensasi dalam klubnya. Merasa menjadi pemain dibutuhkan prilaku jual mahal sering diperlihatkannya. Padahal walaupun cukup cemerlang selama berkiprah di negeri Ratu Elizabeth, Tevez belum menjadi salah satu striker legendaris. Terutama dalam urusan sebagai top skorer. Mau tahu siapa saja top skorer sepanjang masa di Liga Inggris? Di bawah ini yafi blog merangkum para legenda top skorer itu:
  1. Alan Shearer (260 gol)
Namanya pertamakali mencuat saat membela Klub Southampton era 90-an. Debutnya mengagumkan, hattrick ke gawang Arsenal saat menang 4-2 meninggalkan jejak emas sebagai pemain termuda pencetak hattrick di Liga Inggris. Catatan emas itu membuat Blackburn Rovers tertarik menggunakan jasa Shearer. Bersama tim berlambang bunga inilah, Shearer menjelma sebagai striker terproduktif. Gelar Liga Inggris 1994/1995 melengkapi torehan 112 golnya bersama Blackburn dalam empat musim. Pada 1996, Shearer memutuskan berkostum Newcastle United. Bersama klub berjuluk The Magpies inilah Shearer melengkapi koleksi golnya hingga 260 gol hingga akhir kariernya pada 2005/2006. Rekor ini belum terpecahkan hingga sekarang.

Alan Shearer (Sumber: blogspot.com)

  1. Andy Cole (187 gol)
Mengawali karier di klub kecil, Britol City, sebelum akhirnya berlabuh di Arsenal. Penampilan impresifnya bersama tim gudang peluru membuahkan 12 gol dari 12 laga. Hanya satu musim bersama Arsenal, Cole memutuhkan bergabung Newcastle pada 1993/1994. Bersama Toon Army, Cole semakin tajam. Gelar top skorer diraihnya bersama catatan 34 gol pelabuhan berikutnya Manchester United pada 1994/1995. Sayangnya Cole tak mendapat tempat utama. Namun di musim 1998/1999, Cole menemukan duet kembarnya bersama Dwight Yorke. Bersama Yorke, Cola turut menyumbangkan treble winner yaitu Juara Liga Inggris, Piala FA dan Liga Champhions. Setelah melanglangbuana ke berbagai klub, Cole pensiun dengan catatan 187 gol.

Andy Cole (Sumber: sportige.com)

  1. Thierry Henry (174 gol)
Legenda lainnya datang dari Arsenal, melalui Thierry Henry. Sebelum mendarat di Inggris, Henry terlebih dulu bergabung dengan Juventus Italia. Namun prestasiny dianggap tak ada apa-apanya. Keputusan ikut pelatih asal Prancis, Arsene Wenger rupanya menjadi keputusan yang tepat. Puncaknya pada musim 2003/2004, Henry memimpin Arsenal sebagai tim tak pernah terkalahkan dalam 38 pertandingan. Dan kala itu Henry mencetak 30 gol. Sebelum hengkang ke Barcelona, King Henry telah mencetak 174 gol untuk The Gunners.

Thierry Henry (Sumber: teamtalk.com)

  1. Robbie Fowler (163 gol)
Termasuk dalam daftar legenda Liverpool memang pantas disandangnya. Beberapa prestasi mengagumkan pernah diraihnya saat berseragam The Reds. Musim 1994/1995, Fowler tercatat sebagai pencetak hattrick tercepat. Tepatnya dengan waktu 4 menit 33 detik ke gawang Arsenal. Saat menghadapi Arsenal pula, Fowler akhirnya mendapatkan penghargaan. Yaitu sebagai UEFA Fair Play Award 1996. Pemilik nomor punggung 9 itu memperolehnya lantaran aksi sportif tidak mencetak gol saat mendapat hadiah penalti. Tendangannya dengan sengaja diberikan pada kiper David Seaman. Aksi tersebut atas balasan aksi diving di dalam kotak penalti. Sempat berpindah-pindah klub ke Leeds United, namun akhirnya kembali ke Liverpool. Setelah bermain sepanjang 18 musim, striker kelahiran 9 April 1975 tersebut mencetak 163 gol.

Robbie Fowler (sumber: metro.co.uk)

  1. Les Ferdinand (149 gol)
Anda pasti sangat mengenal nama Rio Ferdinand (Manchester United) dan Anton Ferdinand (Aston Villa). Jika ya, nama Les Ferdinand adalah generasi pertama dari dua pesepakbola ternama itu. Les merupakan salah satu strike di era 90-an yang tampil mengkilat. Padahal kiprahnya saat itu sudah termasuk usia mulai senja. Mengawali karier di klub kecil Hayes. Namun setelah itu ia Les bergabung bersama, Queen Park Rangers, Brentford, Newcastel United, Tottenham Hotspurs, Westham United, Leicester City, Bolton Wanderers, Reading dan Watford. Selama itu Les mengumpulkan 149 gol di Liga Inggris. Sebenarnya Les pernah dipinjamkan ke klub di luar Inggris yaitu Besiktas.

Les Ferdinand

No comments:

Post a Comment