Monday 17 January 2011

20 Cara Menggemukan Badan

Menjadi gemuk adalah idaman orang yang kurus dan menjadi kurus adalah idaman orang yang gemuk. Setelah beberapa kali saya membahas tips untuk menjadi kurus, kali ini saya akan memberikan tips cara aman untuk menggemukan badan.

Memiliki tubuh yang terlampau kurus memang bisa membuat orang rendah diri. Mereka takut dikatakan berpenyakitan atau kurang gizi, padahal setiap hari mereka merasa telah mengkonsumsi makanan yang bergizi. Terlalu kurus juga membuat penampilan kurang bagus, tonjolan tulang tampak disana sini yang sangat tidak sedap untuk dipandang mata.

Bagi mereka yang ingin membuat tubuh lebih berisi, berikut beberapa tips cara aman untuk menggemukan badan :

1. Seimbangkan gizi makanan. Memilih makanan yang tepat merupakan hal yang sangat penting dalam upaya menggemukan badan sebab makanan merupakan sumber zat gizi, vitamin dan mineral yang masuk ke dalam tubuh. Untuk menambah berat badan, seseorang harus memperbanyak konsumsi kalori. Mereka harus mengkonsumsi kalori yang berlebihan guna menyisakan kalori untuk disimpan dalam bentuk lemak saat kalori ini dibakar pada akitifitas normal.

2.Makanan yang bagus untuk dikonsumsi termasuk sayuran, buah buahan, kacang kacangan, tepung tepungan, daging, makanan laut, unggas, dan telur. Yang perlu diingat, tidak semua jenis makanan bagus untuk menambah berat badan sebab saat ini banyak makanan terutama makanan kalengan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tidak baik untuk kesehatan.

3. Lakukan olah raga dengan teratur. Menambah berat badan tidak hanya berkutat pada masalah makanan tetapi juga bagaimana membentuk otot yang berisi dan sehat. Latihan penguatan otot dan pembakaran lemak secara rutin merupakan cara terbaik untuk menambah berat badan sebab aktifitas ini akan mengatur seberapa cepat/lambat anda membakar apa yang anda makan. Untuk dapat menambah berat badan secara sehat, lakukan olah raga secara teratur sehingga yang membesar adalah otot anda dan bukan sebaliknya otot makin mengecil sementara lemak yang makin menebal.

4. Jangan terlalu memaksa diri. Walaupun mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori merupakan anjuran banyak ahli, tapi anda tidak boleh terlalu memaksa diri untuk memakannya. Orang yang ingin menambah berat badan dianjurkan untuk mengkonsumsi sedikitnya 300 sampai 500 kalori setiap hari. Jika anda termasuk orang yang tidak hobi makan, anda bisa memasukan makanan tinggi kalori pada menu harian anda. Intinya, anda sendiri yang mengatur diet sesuai dengan kehendak dan kesukaan anda. Hal ini terutama untuk membuat anda lebih disiplin dalam menjalankan diet.

5. Jika memungkinkan, lakukan latihan secara teratur setiap hari kurang dari sejam. Saat anda di kantor atau di rumah, lakukan gerakan kecil yang tidak terlalu membutuhkan waktu. Saat anda melakukan latihan ini, utamakan pada bagian bagian tertentu dari tubuh, misalnya penguatan otot lengan dengan barbel, penguatan otot otot perut dan lain sebagainya. Para ahli percaya bahwa dengan melakukan latihan yang pada area tertentu pada tubuh akan membuat anda lebih memperhatikan bagian tubuh tersebut. Dengan melakukan latihan ringan, anda tidak terlalu banyak membakar kalori yang telah anda konsumsi. Selain itu, latihan ringan ini juga membuat tubuh anda tidak terlalu lelah untuk beraktifitas.

6. Apabila perlu, minum obat cacing, obat cacing tidak hanya berguna bagi anak-anak, tapi orang dewasa pun bisa menggunakannya. Cari obat cacing untuk dewasa di apotik terdekat.

7. Atur pola makan, jangan pernah melupakan makan pagi dan makan malam, karena kedua waktu ini adalah waktu tubuh melakukan proses pencernaan makanan. Waktu pagi, tubuh sudah selesai melakukan proses pencernaan, pada waktu malam akan melakukan proses tersebut.

8. Minumlah susu tinggi lemak atau full cream. Minum pada pagi hari dan malam hari.

9. Usahakan tidur siang.

10. Apabila kamu merokok, maka kurangi hal tersebut, dan apabila kamu sering begadang maka hilangkan kebiasaan itu.

11. Istirahat yang cukup. Tubuh kita minimal butuh waktu 8 jam untuk istirahat.

12. Untuk lebih maksimalnya, konsumsi putih telur satu kali sehari.

13. Perbanyak makan (klo mau menggemukkan badan, makan lebih banyak dari yang normal) tapi harus tetap memperdulikan tingkat gizi yang dianjurkan. Dan bagi yang tidak terbiasa, jangan makan secara mendadak langsung sehari bisa 10x makan, wee.. apaan tuh, kebo kali ye..

14. Minum Susu, protein banyak terdapat di susu berprotein tinggi.

15. Ngemil lebih banyak. (biar buncit maksudnya??)

16. Niat yang kukuh dan usahakan yang teratur dalam menjalani program menggemukkan badan. Tunjukkan hasilnya minimal selama 1 bulan, usahakan agar dapat meningkat 10-15 kg dalam 1 bulan, targetkan agar 2 hari tubuh Anda meningkat sebesar 1 kg.

17.Sarapan diawali dengan makanan sehat yang berkalori (Roti gandum+selai kacang).

18.Susunlah program anda, mulai dari pemilihan makanan dan jenis olahraga yang akan dilakukan.

19.Catatlah bahan makanan apa saja yang dibutuhkan untuk pemenuhan kalori dan nutrisi.

20.Cari tahu terlebih dahulu tentang panduan kebutuhan akan kalori dan nutrisi. Konsultasikan kepada ahli gizi.

inlah 20 tips untuk menggemukan badan yang sangat ampuh.

artikel ini dari berbagai sumber

3 comments: